PELEPASAN MAHASISWA KKN MBKM SKEMA MEMBANGUN DESA TAHUN 2023 JURUSAN AGRIBISNIS FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

Oleh: Bambang Hariyanto . 24 Agustus 2023 . 09:22:16

GORONTALO - Sebanyak 51 mahasiswa Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian (FAPERTA) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) dilepas untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Membangun Desa Periode 2023 di 3 Desa. Pelepasan mahasiswa dilakukan oleh Dekan FAPERTA UNG, Dr. Ir. Asda Rauf, M.Si, Dan Ketua Jurusan Agribisnis Yanti Saleh, SP. M.Pd Serta Staf Dosen Jurusan Agribisnis yang sempat hadir di Halaman Depan Gedung FAPERTA UNG pada Kamis (24/8/2023).

Dalam program Merdeka Belajar, Membangun Desa / Kuliah Kerja Nyata Tematik merupakan salah satu bentuk pembelajaran yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk terjun ke masyarakat dan menjadi agent of change (agen pembaharuan) untuk berperan serta dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat, sebagai upaya dalam mencapai tujuan pembangunan. Program membangun Desa ini akan mengembangkan unsur Kognitif, Afektif dan Psikomotor secara simultan sebab mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar secara langsung dengan cara tinggal di Desa bersama masyarakat untuk jangka waktu 1 (satu) semester.

Dekan Fakultas Pertanian Dr. Ir. Asda Rauf, M.Si Berpesan "Tolong jaga nama baik Almamater dan Jurusan Agribisnis, Tinggalkan nama baik kalian di lokasi KKN tempat kalian Masing-masing, ingat dan di implementasikan yang sudah di ajarkan di coaching yang telah di laksanakan senin 22 agustus 2023 kemarin" hal ini di ungkapkan karna mahasiswa akan benar-benar nyata turun di masyarakat sehingga bisa mengambil ilmu dan penghetahuan serta pengalaman yang ada di lokasi masing-masing. Beliau juga berpesan "Tolong jaga Dan Maksimalkan komunikasi dengan Dosen Pendamping Lapangan.

Pada dasarnya filosofi pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan oleh Mahasiswa dari tahun ke tahun adalah “belajar dari masyarakat”. Mahasiswa didorong untuk dapat menangkap berbagai fenomena yang ada dalam masyarakat kemudian berkontribusi secara nyata berdasarkan keilmuan yang dimilikinya. Filosofi belajar dari masyarakat ini memiliki selaras dengan tujuan kampus Merdeka.

Ketua MBKM Jurusan Agribisnis FAPERTA UNG Zulham Sirajuddin, S.TP., MmoD.Ph.D mengatakan " Hari ini alhhamdulilah telah di lakukan pelepasan KKN membangun desa yang terintegrasi dengan MBKM Yang terbagi di 3 Lokasi, Paguyaman Pantai, Kabila Bone, dan Suwawa timur. tetntunya harapan kita mahasiswa ini bisa memberikan kontribusi yang baik bagi masyarakat di lokasi tersebut.

Agenda

23 Februari 2018

Seminar Proposal Mahasiswa Agribisnis

Ranti I songi
1. Prof. Dr. Ir. Mahludin Baruadi, MP
2. Dr. Ir. Asda Rauf, M.Si
3. Amelia Murtisari, SP, M.Si
4. Ahmad Fadhli, SE, M.Si
5. Echan Adam, SE, MM

22 Februari 2018

Seminar Proposal Mahasiswa Agribisnis

Mohammad Kifli
Pembimbing 1 Wawan K Tolinggi. SP.,M.Si
Pembimbing 2 Amelia Murtisari. SP.,M.Sc

20 - 22 Agustus 2016

MOMB Mahasiswa Agribisnis

Masa Orientasi Mahasiswa Baru (MOMB) merupakan kegiatan awal bagi mahasiswa yang baru diterima di Perguruan Tinggi.