PERKULIAHAN PERDANA JURUSAN AGRIBISNIS DI MULAI 21 AGUSTUS 2023

Oleh: Bambang Hariyanto . 22 Agustus 2023 . 08:59:43

GORONTALO - Pada tahun ajaran baru 2023/2024 ini, terdapat sebanyak 84 mahasiswa baru prodi S1 Agribisnis yang terdaftar menjadi mahasiswa. Ke-84 mahasiswa baru ini selanjutnya akan belajar dengan menggunakan kurikulum dan kegiatam tridharma yang sudah di sesuaikan, dan diajar dengan SDM dosen yang berjualitas. Mahasiswa Agribisnis di awal perkuliahan terlihat begitu antusias mengikuti awal perkuliahan. 

Kuliah perdana bagi seorang mahasiswa baru boleh dikatakan sebuah babak baru dalam kehidupan akademiknya. Perkuliahan itu juga dapat diartikan sebagai hal yang esensi dalam mengikuti perkuliahan selanjutnya. Tak jarang momen ini sangat dinantikan, tetapi tak jarang pula sangat dibenci para calon intelektual yang belajar di kampus itu. Mereka yang menantikan masa itu karena menganggap kuliah perdana itu adalah start awal menggeluti disiplin ilmu yang akan diterima. Secara tidak langsung pada masa itu mereka dibantu meletakkan dasar-dasar keilmiahan yang akan ditempuh. Pengenalan dosen, silabus perkuliahan, dan alur perkuliahan secara sistematis. Pengenalan semua itu akan berdampak demi keberhasilan studi mahasiswa itu. Namun, mereka yang membenci kuliah perdana itu adalah orang-orang yang tidak memiliki dasar pijakan yang kuat. Tidak bisa menentukan target yang diharapkan.

Dalam perkuliahan perdana kali ini Dosen Jurusan Agribisnis Dr. Irwan Bempah, SP. M.P Mengatakan Bahwa " Mahasiswa memiliki semangat untuk belajar khususnya mahasiswa baru, Semangat itu di tunjukan dengan antusias kehadiran dari mahasiswa baru tersebut". Dalam perkuliahan yang telah berlangsung dari 4 kelas yang di bagi dari jumlah mahasiswa baru jurusan agribisnis dalam perkuliahan perdana bisa mengikuti perkuliahan dengan baik. Jurusan Agribisnis adalah program studi yang mempelajari bidang pertanian beserta bisnis dalam pengelolaan pertanian modern dan industri makanan untuk pengelolan sekala UMKM hingga perusahaan. Jurusan ini juga dikenal sebagai Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian.

Dosen jurusan Agribisnis Dr. Irwan Bempah, SP. M.P Mengatakan Bahwa harapan sebagai pengajar berharap bahwa mahasiswa bisa melampaui harapan dari tujuan pembelajaran yang di berikan. Kebanyakan mahasiswa baru di zaman ini memiliki kekeliruan terhadap istilah kuliah perdana. Mereka saat ini memang lebih menganggap kuliah perdana sebagai ajang “penambahan relasi baru”. Di sini dunia mereka semakin luas. Bertemu dengan teman baru. Dari belahan Indonesia Timur sampai belahan Barat, dari Sabang sampai Merauke.

Ketika pemahaman kuliah perdana itu disalahartikan, tidak heran calon-calon intelek itu akan kehilangan semangat. Mereka akan berpikir bahwa kuliah itu hanyalah tempat berkumpul bersama teman, bercerita, dan saling bertukar pengalaman. Semua itu akan berdampak bagi cepat lambatnya kelulusan mahasiswa itu sendiri. 

Agenda

23 Februari 2018

Seminar Proposal Mahasiswa Agribisnis

Ranti I songi
1. Prof. Dr. Ir. Mahludin Baruadi, MP
2. Dr. Ir. Asda Rauf, M.Si
3. Amelia Murtisari, SP, M.Si
4. Ahmad Fadhli, SE, M.Si
5. Echan Adam, SE, MM

22 Februari 2018

Seminar Proposal Mahasiswa Agribisnis

Mohammad Kifli
Pembimbing 1 Wawan K Tolinggi. SP.,M.Si
Pembimbing 2 Amelia Murtisari. SP.,M.Sc

20 - 22 Agustus 2016

MOMB Mahasiswa Agribisnis

Masa Orientasi Mahasiswa Baru (MOMB) merupakan kegiatan awal bagi mahasiswa yang baru diterima di Perguruan Tinggi.