Sesi Belajar Bahasa Inggris Penuh Inspirasi di Alam Terbuka One-Day English Camp 2023, Jurusan Agribisnis, Universitas Negeri Gorontalo

Oleh: Bambang Hariyanto . 20 September 2023 . 12:20:41

Gorontalo - Belajar Bahasa Inggris memang sebaiknya dilakukan dengan cara menyenangkan. Oleh karena itu, di Jurusan Agribisnis, beberapa dosen mencoba mengajak mahasiswa untuk belajar di alam terbuka dengan menggunakan games. Merasa bahwa pembelajaran bahasa Inggris tidak harus terbatas di dalam kelas, mereka percaya bahwa mempelajari Bahasa Inggris dengan praktek langsung dan di luar kelas akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan dan memotivasi para peserta untuk belajar dengan lebih semangat.

Sesi belajar bahasa Inggris di alam terbuka ini diadakan di sebuah taman di Universitas Negeri Gorontalo. Peserta diajak untuk berinteraksi satu sama lain dalam Bahasa Inggris melalui permainan yang menyenangkan. Dosen hanya memberikan arahan, mendorong pembicaraan, dan memberikan pemahaman yang mendalam tentang penggunaan Bahasa Inggris dalam konteks kehidupan sehari-hari utamanya yang berhubungan dengan pertanian. Salah satu dosen pengampu MK Bahasa Inggris, Zulham Sirajuddin, Ph.D mengatakan "Kegiatan ini merupakan kegiatan reguler yang kita laksanakan setiap tahun. Biasanya bersamaan dengan MK Bahasa Inggris di Jurusan jadi kita juga mengajak mahasiswa peserta MK tersebut untuk berpartisipasi. Beberapa tujuannya adalah membiasakan mahasiswa Berbahasa Inggris agar lebih siap menghadapi dunia kerja, serta untuk memberikan pengalaman unik bahwa belajar Bahasa Inggris sebenarnya tidak perlu kaku, sebab dapat dipelajari sambil bermain".

Selama sesi tersebut, peserta diberikan pelajaran tentang kosa kata, tata bahasa, dan ekspresi umum dalam Bahasa Inggris. Mereka juga diberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam permainan dan aktivitas yang melibatkan penggunaan aktif bahasa Inggris. Para peserta belajar berbicara, mendengarkan, dan berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris, sambil menikmati indahnya alam terbuka di sekitar mereka. Peserta dari berbagai latar belakang dan tingkat kemampuan bahasa Inggris bergabung dalam sesi ini. Namun, apa yang membuat sesi ini begitu istimewa adalah semangat dan antusiasme yang tumbuh di antara mereka. Mereka saling mendukung dalam belajar dan saling memotivasi untuk terus meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka. Beberapa mahasiswa terlihat sangat antusias dalam mengikuti aktivitas. Bahkan, mereka meminta sesi lanjutan untuk English Camp ini agar lebih sering belajar yang menyenangkan.

Sesi belajar bahasa Inggris di alam terbuka ini juga memberikan kesempatan bagi para peserta untuk mengembangkan koneksi sosial dan mengenal budaya baru. Mereka berbagi cerita, pengalaman pribadi, dan pengetahuan dengan satu sama lain, menciptakan suasana yang positif dan inklusif. Dosen pendamping juga berharap bahwa sesi ini dapat memicu motivasi belajar Bahasa Inggris dan memperkaya pengalaman para peserta. Rencananya, sesi belajar bahasa Inggris di alam terbuka ini akan dilangsungkan secara berkala, sehingga lebih banyak orang dapat merasakan manfaat dari pembelajaran ini.

Belajar bahasa Inggris tidak lagi hanya terbatas di dalam kelas, tetapi juga dapat dilakukan dengan mengeksplorasi keindahan alam. Cara belajar menyenangkan ini telah mengubah paradigma pembelajaran Bahasa Inggris dan memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi para peserta. Semoga inisiatif ini terus ditingkatkan dan diadopsi oleh lebih banyak pendidik untuk membuat pembelajaran bahasa Inggris lebih menarik dan bermakna.

Untuk proses English campnya dapat dinonton pada link ini: https://youtu.be/TyRfzPQ4cuI

Agenda

23 Februari 2018

Seminar Proposal Mahasiswa Agribisnis

Ranti I songi
1. Prof. Dr. Ir. Mahludin Baruadi, MP
2. Dr. Ir. Asda Rauf, M.Si
3. Amelia Murtisari, SP, M.Si
4. Ahmad Fadhli, SE, M.Si
5. Echan Adam, SE, MM

22 Februari 2018

Seminar Proposal Mahasiswa Agribisnis

Mohammad Kifli
Pembimbing 1 Wawan K Tolinggi. SP.,M.Si
Pembimbing 2 Amelia Murtisari. SP.,M.Sc

20 - 22 Agustus 2016

MOMB Mahasiswa Agribisnis

Masa Orientasi Mahasiswa Baru (MOMB) merupakan kegiatan awal bagi mahasiswa yang baru diterima di Perguruan Tinggi.