Tim Mahasiswa Jurusan Agribisnis berhasil dapat Medali Perak di Kompetisi Nasional Edutalk Fair

Oleh: Bambang Hariyanto . 14 Oktober 2024 . 10:34:37

HABAT Tim Mahasiswa Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian UNG Raih Medali Perak di Kompetisi Nasional Edutalk Fair.

Prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Kali ini, perwakilan dari Fakultas Pertanian UNG berhasil meraih medali perak dalam Lomba Essay Nasional yang diselenggarakan dalam rangkaian acara Edutalk Fair di Universitas Brawijaya, Malang.

Tim mahasiswa dari Jurusan Agribisnis yang terdiri atas Anisa, Nur Oktaviani, dan Novriyanto Halid, dibawah bimbingan Zulham Sirajuddin, Ph.D ini berhasil menyabet medali perak dengan esai mereka yang berjudul "Mendorong Ketahanan Pangan melalui Pertanian Berkelanjutan: Prospek Penggunaan Borich Need Assessment dalam Peningkatan Kualitas Penyuluhan Pertanian". Karya tulis yang dipresentasikan ini berhasil memikat para juri utamanya pada sesi final yaiti presentasi dan tanya jawab dimana mereka berargumentasi secara logis dengan dewan juri, sehingga dapat membawa pulang prestasi dalam kompetisi bergengsi yang diikuti oleh 24 universitas bergengsi se-Indonesia tersebut.

Esai yang diajukan oleh ketiga mahasiswa ini mengangkat tema yang sangat relevan dengan kondisi pertanian Indonesia saat ini. Mereka menawarkan konsep penyuluhan dalam pertanian berkelanjutan dengan pendekatan metode Borich Need Assessment untuk meningkatkan efektivitas penyuluhan pertanian, yang pada akhirnya bertujuan untuk memperkuat ketahanan pangan nasional.

Prestasi yang diraih oleh Anisa, Nur Oktaviani, dan Novriyanto ini tidak hanya membanggakan bagi Fakultas Pertanian, tetapi juga bagi UNG secara keseluruhan. Hal ini membuktikan bahwa mahasiswa UNG mampu bersaing di tingkat nasional dan memberikan kontribusi pemikiran yang bernilai dalam upaya pengembangan sektor pertanian di Indonesia.

 

Agenda

23 Februari 2018

Seminar Proposal Mahasiswa Agribisnis

Ranti I songi
1. Prof. Dr. Ir. Mahludin Baruadi, MP
2. Dr. Ir. Asda Rauf, M.Si
3. Amelia Murtisari, SP, M.Si
4. Ahmad Fadhli, SE, M.Si
5. Echan Adam, SE, MM

22 Februari 2018

Seminar Proposal Mahasiswa Agribisnis

Mohammad Kifli
Pembimbing 1 Wawan K Tolinggi. SP.,M.Si
Pembimbing 2 Amelia Murtisari. SP.,M.Sc

20 - 22 Agustus 2016

MOMB Mahasiswa Agribisnis

Masa Orientasi Mahasiswa Baru (MOMB) merupakan kegiatan awal bagi mahasiswa yang baru diterima di Perguruan Tinggi.